Cara Cerdas dan Cermat Mengatur Keuangan

Category: Bisnis, Keuangan 95 1

Cara Cerdas dan Cermat Mengatur Keuangan

Fixayu – Seperti apa cara cerdas dan cermat mengatur keuangan? Permasalahan dalam mengatur keuangan keluarga sebenarnya bukanlah pada jumlah penghasilan yang kurang, tapi lebih pada kebiasaan yang salah dalam mengelola uang. Akibatnya, berapa pun jumlah penghasilan, tetap saja mengalami kesulitan. Sebagaimana yang digambarkan dalam pepatah “Besar pasak daripada tiang”, jangan sampai Anda kedodoran karena pengeluaran melebihi penerimaan rutin lalu pontang-panting mencari tambahan penghasilan. Berikut cara cerdas dan cermat mengatur keuangan yang bisa Anda coba :

  1. Pahami gambaran keuangan keluarga Anda

Cara Cerdas dan Cermat Mengatur Keuangan

Meliputi berapajumlah pendapatan, berapa jumlah tabungan yang Anda miliki saat ini, dan berapa jumlah pengeluaran rutin yang harus Anda penuhi semisal tagihan listrik, telepon, cicilan rumah atau cicilan mobil.

  1. Tetapkan tujuan keuangan dan susun rencana keuangan keluarga

Tetapkan target jangka panjang dan jangka pendek, semisal membeli rumah atau lainnya. Susun rencana keuangan atau anggaran secara realistis dan obyektif yang menggambarkan pola hidup keluarga Anda. Selain tiga kebutuhan utama, yaitu: makanan, perumahan, dan transportasi, sisihkan untuk tabungan dan jangan lupakan pula untuk menganggarkan hiburan atau rekreasi bagi keluarga Anda.

  1. Pisahkan rekening bank

Sebaiknya, miliki dua rekening bank yang berbeda. Rekening bank yang pertama gunakan untuk transaksi, seperti membayar tagihan, membayar asuransi, cicilan rumah, dll. Rekening bank yang kedua, gunakan untuk menabung. Pilih bank dengan biaya administrasi rendah dan jaringan ATM yang terbatas, atau simpan kartu ATM di tempat yang tidak mudah dilihat sehingga tidak mudah tergoda untuk menarik tunai tabungan tersebut.

  1. Buat daftar prioritas pengeluaran

Cara Cerdas dan Cermat Mengatur Keuangan

Mulailah dengan kebutuhan utama antara lain makanan, listrik, telpon, asuransi dan pajak. Kemudian kewajiban-kewajiban seperti cicilan rumah, cicilan mobil, dll.  Lalu kebutuhan-kebutuhan “yang seharusnya dimiliki” semisal televisi, dll. Terakhir adalah barang-barang yang “ingin dimiliki”. Pilah antara “kebutuhan” dan “keinginan”.  Pertimbangkan pula kemungkinan adanya produk serupa dengan harga lebih murah. Segera lunasi tagihan yang ada setelah menerima gaji agar nantinya Anda lebih mudah mengatur gaji Anda. Jika ingin mencicil sesuatu, sebaiknya disesuaikan dengan 30 persen pendapatan Anda. 

  1. Memberi Allah” lebih dulu

Jangan lupa, bahwa rezeki Anda adalah pemberian Allah, maka yang pertama adalah hak Allah sebagai wujud penghormatan dan terimakasih Anda. Jika Anda melakukan prioritas utama ini dengan baik, langkah-langkah selanjutnya menjadi lebih mudah.

  1. Catat semua pengeluaran

Buat catatan harian pengeluaran dan pemasukan selama sebulan, meliputi barang atau jasa yang dibeli, jumlahnya, nominal transaksi, waktu pembelian, dan tempatnya. Hal ini akan membantu Anda mengendalikan pengeluaran.

  1. Menabung

Setelah menerima gaji, segera sisihkan untuk tabungan dengan jumlah sesuai rencana Anda.

  1. Berinvestasilah

Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan investasi agar jumlah tabungan dapat memenuhi kebutuhan Anda. Pilih jenis investasi yang Anda pahami dan berkonsultasilah dengan pihak-pihak yang memahami dan dapat Anda percaya.

  1. Pisahkan uang belanja keluarga dengan uang modal bisnis

Apabila Anda menjalankan bisnis sendiri, pisahkan uang belanja keluarga dan uang bisnis. Apabila memang kondisi memaksa Anda memakai uang modal bisnis untuk menutup keperluan belanja keluarga, catat sebagai hutang dan nanti segera kembalikan dalam bentuk rupiah dengan nilai yang sama. Begitu pula sebaliknya. Sehingga arus keuangan tetap terjaga dengan jelas.

  1. Bandingkan Pengeluaran dengan Anggaran

Langkah terakhir adalah bandingkan rencana anggaran pengeluaran dengan catatan harian pengeluaran Anda untuk koreksi dan revisi rencana anggaran apabila diperlukan.

One thought on “Cara Cerdas dan Cermat Mengatur Keuangan

Add Comment

IBX58384FDCD9385