Ketuban Pecah Secara Dini? Apakah Berbahaya?

Category: Hamil 14 0

Ketuban Pecah Secara Dini? Apakah Berbahaya?

Fixayu.com – Kehamilan adalah hal yang paling dinanti oleh sebuah keluarga yang baru saja mengarungi bahtera rumah tangga. Tentun saja menjadi kebahagiaan tersendiri bagi keluarga tersebut, namun proses kehamilan itu kadang tak berjalan sesuai dengan harapan yang diinginkan, masalah sering muncul tanpa diduga-duga, mulai dari perut terasa nyeri, kondisi kesehatan menurun, dan pecahnya ketuban secara dini sebelum proses melahirkan terjadi. Nah, kali ini kita akan membahas hal tersebut. Ketuban pecah secara dini apakah berbahaya? Apa sih yang menyebabkan ketuban pecah dini?

1. Akibat Infeksi

Infeksi terjadi karena adanya bakteri jahat yang menyerang bagian dari organ tertentu dalam hal ini adalah bagian daei ketuban. Infeksi ini menjadi faktor utama yang umum menyebabkan ketuban pecah secara dini. hampir 67% disebabkan karena hal ini. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya harus benar benar menjaga kebersihan diri sendiri. Munculnya infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri bisa dari berbagai cara, mulai dari kurangnya menjaga kebersihan, hubungan intim suami istri yang kurang sehat, dan parahnya lagi sering bergonta-ganti pasangan.

2. Dikarenakan Akan Lahirnya Bayi Kembar

Setiap Ibu hanya diberikan oleh Yang Maha Kuasa hanya saru ketuban saja untuk setiap rahim. Maka dari itu, pada seorang ibu yang didiagnosa mempunyai bayi kembar baik yang fraternal atau biasa pasti memiliki resiko ketuban pecah lebih besar.

3. PH Daerah Kewanitaan Cenderung Basa

Hampir sama seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, bakteri dapat tumbuh dengan baik pada kondisi basa. Lantas apa yang menyebabkan daerah kewanitaan menjadi basa? Penyebab yang paling umum terjadi yaitunkarena kurangnya menjaga kebersihan. Maka dari itu pada area kewanitaan selalu diusahakan dalam area atau lingkungan asam agar bakteri tidak dapat tumbuh dengan baik.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ketuban pecah secara dini, dan masalah utama penyebab ketuban pecah secara dini yaitu akibat dari bakteri.

Dalam istilah media, ketuban pecah sering disebut dengan KPD

Pecahnya Ketuban Secara Dini, Apakah Berdampak Buruk ?

1. Dampak Untuk Ibu
Ketuban pecah dini sangatlah berbahaya untuk seorang ibu karena akan menyebabkan infeksi yang akan berdampak buruk bagi organ lainnya, Selain itu juga mengakibatkan luruhnya atau plasenta lepas atau dalam medis sering disebut abrupsio.

2. Dampak Untuk Bayi

Selain disebut dengan KPD, Ketuban Pecah Dini juga sering dinamakan Premature Rupture of Membranes (PROM). Akibat untuk seorang jabang bayi yaitu mengakibatkan lahir secara prematur yang disusul dengan sindroma saluran pernapasan dan kemudian juga bisa mengakibatkan infeksi atau disebut juga dengan sepsis.

Ketuban Pecah Dini ditandai dengan keluarnya air dari daerah kewanitaan secara terus menerus secara perlahan atau bahkan menyembur yang terjadi sebelum masa lahir yang seharusnya yaitu sekitar 37 minggu, maka dari itu jika hal ini terjadi segeralah periksa kandungan anda ke dokter terkait untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

Add Comment

IBX58384FDCD9385