Menghilangkan Bekas Jerawat: 7 Bahan Alami yang Dianjurkan

Category: Jerawat, Kesehatan, Kulit 532 1

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Fixayu – Jerawat adalah salah satu kelainan kulit wajah yang dialami oleh sebagian besar remaja. Dari beberapa penelitian, jerawat dapat menyerang mulai dari usia 8 tahun hingga usia 40 tahun. Meskipun jerawat bukanlah penyakit mematikan, namun terbayang bukan? betapa lamanya penyakit kulit ini jika diderita terus-menerus. Apabila  tidak ditangani secara serius, jerawat dapat meradang hingga mengakibatkan bekas jerawat dan flex hitam yang amat mengganggu. Di Internet tersebar informasi cara menghilangkan bekas jerawat, namun apakah cara itu efektif? Mari kita bahas mendetail cara menghilangkan bekas jerawat berdasarkan fakta yang ada, mulai dari bekas jerawat merah, bekas jerawat bopeng atau berlubang, dan bekas jerawat hitam. Apakah berbagai bekas jerawat ini dapat dihilangkan? Jawabannya bisa. Oleh karena itu, disini kita akan membahas 3 bekas jerawat yang sering dialami oleh wanita maupun pria, dan dari ketiga bekas jerawat ini butuh penangan untuk menghilangkan yang berbada pula, maka jangan sampai salah menangani karena akan berdampak buruk untuk kulit wajah kita. Inilah cara untuk menghilangkan bekas jerawat flek hitam, merah, dan bopeng yang dapat diaplikasikan.

Untuk penanganan dan cara menghilangkan setiap tipe bekas jerawat berbeda-beda, termasuk untuk mengobati bekas jerawat bopeng yang butuh cara khusus

Fakta Mengenai Bekas Jerawat

Jerawat yang tidak ditangani secara serius akan menimbulkan peradangan hingga menimbulkan bekas di kulit yang berbeda-beda, ada yang menimbulkan bekas jerawat merah, flek hitam/ bekas jerawat hitam, bahkan hingga berlubang atau bopeng. Ternyata bekas jerawat yang yang berbeda berasal dari tipe jerawat yang berbeda. Mari kita review bekas jerawat yang sering muncul dan sering dialami.

  1. Acne Juvenil: yaitu tipe jerawat yang muncul pada masa remaja atau pubertas umur 14 – 25 tahun. Penyebabnya yaitu adalah masalah hormonal yang belum stabil memproduksi sabum. Tipe jerawat ini dapat mengakibatkan bekas jerawat merah dan bekas jerawat hitam
  2. Acne Rosacea: Yaitu tipe jerawat yang menyerang pada wanita usia 30 hingga 40 tahun. Dicirikan dengan kulit memerah kemudian meradang hingga menimbulkan sisik dilipatan hidung. Tipe Jerawat ini dapat mengakibatkan bekas jerawat merah dan hitam
  3. Acne Nitrosica: Merupakan tipe jerawat yang sangat berbahaya karena akan menimbulkan bopeng atau lubang. Dicirikan dengan tumbuhnya jerawat sebesar jagung dan tonjolan-tonjolan hingga meradang hebat di permukaan wajah.

Karena kita sudah mengetahui berbagai tipe jerawat dan dampak bekas yang ditimbulkan, maka selanjutnya kita akan membahas cara menghilangkan bekas jerawat ini.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat yang ditimbulkan setiap orang akan berbeda-beda, tergantung jenis jerawat yang diderita. Oleh karena itu, kita jangan sampai salah melakukan penanganan. Memang di Internet tersebar berbagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami, bakan ada yang cepat. Namun apakah aman? Menurut kami tidak ada yang instan, dan semua membutuhkan proses yang tidak cepat. Oke, disini kita bedakan penanangan untuk menghilangkan bekas jerawat merah, bekas jerawat hitam/ flek hitam, dan bekas jerwat bopeng atau lubang. Namun untuk penanganan bekas jerawat merah dan bekas jerawat hitam hampir sama dan yang menjadi catatan disini adalah pastikan jerawat sudah hilang dan tinggal menghilangkan bekas jerawatnya saja.

Gunakan Bahan Yang Higenis Untuk Mengatasi dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Bekas Jerawat Merah, Bekas Jerawat Flek Hitam, Bekas Jerawat Bopeng
Bekas Jerawat Merah

Bekas Jerawat yang memerah akibat dari iritasi dan penanganan kurang baik, yang menjadi pertanyaan adalah mengapa bekas jerawat bisa menimbulkan bekas yang menggangu yang mengakibatkan flek? Flek/ bekas jerawat dapat terjadi dikarenakan kesalahan perawatan kulit untuk menghilangkan jerawat yang dilakukan sebelumnya, sehingga jerawat yang dikira sudah sembuh ternyata meninggalkan bekas merah. Maka, bagaimana cara menangani bekas jerawat merah yang baik? Bahan apa saja yang dapat kita gunakan untuk mengobati bekas jerawat merah?

1. Dengan Tumbuhan Lidah Buaya
Lidah Buaya dapat digunakan menjadi cara untuk menghilangkan bekas jerawat merah. Menurut penelitian, lidah buaya mengandung Bradykinase, dan enzim analesgic anti-inflammatic, serta asam salisilat, yang merupakan senyawa aspirin, analgesik, dan anti-bakteri sehingga sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat merah dan membantu meregenerasi kulit sehingga bekas luka/ jerawat lebih cepat memudar yang kemudian dapat menghilnag. Cara menggunakannya? Untuk menggunakan lidah buaya sebagai penghilangkan bekas jerawat yaitu ambil lidah buaya yang masih segar, kemudian kelupas kulitnya dan ambil dagingnya saja. Setelah itu remas dagingnya atau bisa langsung oleskan ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian kita bilas dengan menggunakan air matang yang sudah dingin. Pastikan tangan dicuci dan higenis untuk menghindari terkontaminasi dengan bakteri jahat.

2. Dengan Minyak Kelapa
Selain digunakan sebagai pelembab, minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam miristat, asam palmitat dan antimikroba yang kesumua kandungan ini bermanfaat untuk mecegah iritasi. Cukup lengkap bukan kandungan minyak kelapa ini? Agar dapat dijadikan obat bekas jerawat yang alami, gunakan minyak kelapa sebagai masker wajah, ratakan dan gunakan selama 30 menit hingga agak mengering. Gunakan secara telaten dan rutin sehabis mandi setiap sekali sehari. Untuk yang mempunyai masalah kulit berminyak, jangan khawatir karena minyak kelapa ini tidak akan memperparah kulit anda justru akan menyembuhkan.

3. Es Batu
Ternyata es batu mampu meredam kulit yang memerah akibat iritasi dari bekas jerawat yang ditimbulkan. Untuk menggunakan es batu ini, pastikan air es batu yang matang dan steril. Caranya cukup simpel dan mudah, cukup bungkus es batu dengan kain bersih dan mempunyai tekstur halus. Kemudian oleskan pada bagian bekas jerawat yang memerah.

Dari ketiga cara menghilangkan bekas jerawat diatas yang paling dianjurkan adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Mengapa? Karena minyak kelapa ini mempunyai kandungan gizi yang cukup mumpuni untuk mengobati bekas jerawat merah. Kandungan antibiotiknya mampu untuk mengobati infeksi bakter jahat. Sebuah studi di Georgetown University pada tahun 2005 menunjukkan bahwa asam laurat yang dimiliki oleh minyak kelapa mampu mengobati infeksi bakteri pada mamalia lebih baik dari pada antibiotik biasa.

Studi di Georgetown University pada tahun 2005 menunjukkan bahwa asam laurat yang dimiliki oleh minyak kelapa mampu mengobati infeksi bakteri lebih baik

Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam/ Flek Hitam

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, bekas jerawat hitam, bekas jerawat merah, bekas jerawat bopeng
Bekas Jerawat Hitam

Sama seperti halnya cara mengobati bekas jerawat merah, untuk mengatasi bekas jerawat hitam sebenarnya hampir mirip. Namun sebelum menginjak cara untuk menghilangkan bekas jerawat hitam, kita bahas terlebih dahulu bagaimana bekas jerawat hitam ini dapat muncul diwajah? Penyebab dari bekas jerawat hitam yaitu akibat dari banyaknya sel kulit mati yang tidak mampu terkelupas dengan sendirinya sehingga akan menumpuk dimana lama kelamaan akan menyebabkan menghitam. Biasaya sel kulit mati ini terakumulasi pada bagaian kulit epidermis. Nah, bahan/obat yang cocok untuk mengatasi malasah ini adalah bahan/obat yang dapat membantu meregenerasi dan pembentukan sel kulit baru dan membantu mengelupas sel kulit mati. Adapun bahan alami yang dapat membantu untuk menghilangkan bekas jerawat hitam antara lain.

4. Dengan Madu
Dari jaman nenek moyang madu memang memliki khasiat yang sungguh istimewa untuk kesehatan kita. Kandungan apa saja yang dimiliki madu ini hingga dapat mengobati bekas jerawat? Vitamin yang ada madu yaitu : A, B1, B2, B3, B5, B6, D, K, E, Uric Acid, besi, sulfur, magnesium, kalsium, kalium, sodium, klorin, protein, karbohidrat dan asam nikotinat. Istimewa bukan? Cara penggunaanya cukup mudah, cukup cari madu yang mentah dan murni di supermarket ataupun pasar tradisional lalu campurkan madu dengan satu sendok teh bubuk kayu manis. Lalu gunakan campuran ini sebagai masker wajah ataup bisa dioleskan dibekas jerawat yang hitam saja. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit, lakukan secara rutin dan teratur bisa seminggu 4-6 kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Menggunakan Timun
Sudah tidak asing lagi jika timun banyak digunakan untk menambah kecantikan. Buah timun yang banyak memiliki kandungan Vitamin A, B1, dan C sehingga sangat membantu sekali untuk menghilngkan bekas jerawat hitam. Cara menggunakan hampir sama seperti madu, namun timun ini perlu dibuat mejadi jus agar bisa dioleskan di wajah secara merata. Penggunaan dapat dilakukan secara rutin 6-7 kali dalam seminggu. Walaupun digunakan secara rutin tidak menimbulkan efek samping, karena timun tidak memiliki kandungan kimia yang berbahaya. Setelah dioleskan secara merata, tunggulah kurang lebih selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat, sempurnakanlah dengan menggunakan toner pelembut agar dapat menghilangkan bekas jerawat secara maksimal. Baca selengkapnya untuk tahu cara membuat masker dari mentimun.

Cara Membuat Masker Wajah dari Mentimun

6. Dengan Menggunakan Tomat.
Seperti apa kandungan tomat ini? Sehingga mampu untuk membantu menghilangkan bekas jerawat? Tomat yang memiliki kandungan potassium, zat besi, Vitamin A, C, K, E, B1, B2, B3, dan B6 yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan kulit anda sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk penyembuhan bekas jerawat berwarna kemerahan.Cara menggunakannya? Dengan mengahluskan tomat ini, bisa diblender mapun ditumbuk, kemudian gunakanlah sebagai masker wajah, ratakan dengan menggunakan kuas agar bisa merata sempurna. Lalu tunggulah 20 menit kemudian bilas dengan menggunakan air dingin yang higenis. Lakukan setiap 4x dalam seminggu.

Untuk menghilangkan bekas jerawat hitam, memang paling mudah dan murah untuk didapatkan adalah timun. Namun berdasarkan penelitan, kandungan nutrisi yang dimiliki madu cukup lengkap untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Maka madu merupakan solusi terbaik untuk mengatasi dan mengobati bekas jerawat hitam/ flek hitam.

Karena memiliki gizi yang sangat lengkap dan baik, madu menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat hitam yang akan mampu membantu meregenerasi sel kulit mati

Menghilangkan Bekas Jerawat Bopeng

Bekas Jerawat Bopeng, Bekas jerawat Merah, Bekas Jerawat Hitam, Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Bekas Jerawat Bopeng

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bekas jerawat bopeng ini dicirikan dengan adanya lubang (jeglongan, jawa.red) timbul akibat munculnya Acne Nitrosica yang mempunyai ukuran cukup besar dan cukuplah mengganggu di pipi wajah. Sebenarnya, apakah bekas jerawat bopeng dapat sembuh? Jawabannya bisa, namun harus dengan usaha ekstra keras tergantung seberapa parah bopeng atau lubangnya. Untuk mengatasi bekas jerawat bopeng ini sangat dianjurkan ke dokter spesialis kulit dan kelamin karena untuk pengobatannya cukup rumit dan membutuhkan keahlian. Namun bagi yang mempunyai bopeng sangat ringan dapat dihilangkan dengan cara.

7. Menggunakan Masker Alpukat + Madu
Kandungan apa saja yang dimiliki alpukat sehinggat dapat membantu menghilangkan bekas jerawat bopeng? Thiamine (Vit. B1) 0,067 mg (5%) Riboflavin (Vit. B2) 0,130 mg (9%) Niacin (Vit. B3) 1.738 mg (12%) Asam pantotenat (B5) 1,389 mg (28%) Vitamin B6 0,257 mg (20%) Folat (Vit. B9) 81 mg (20%) Vitamin C 10 mg (17%) Kalsium 12 mg (1%) Memang cukup lengkap kandungannya, namun untuk mendapatkan hasil maksimal dapat ditambahkan madu untuk membantu meregenerasi kulit agar bopeng atau lubang di pipi wajah tersamarkan.Cara menggunakan masker alpukat  yaitu dengan mengambil daging alpukat lalu tumbuk hingga halus kemudian tambahkan madu secukupnya. Setelah itu oleskan merata pada wajah, tunggu hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Masker buah alpukat + madu ini bisa digunakan setiap 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tetapi, apabila bekas jerawat bopeng sudah terlalu parah, solusi yang dianjurkan yaitu dengan menggunakan:

  1. Menggunakan Mikrodermasi Kit. Banyak produk yang terjual dipasaran, namun dari sumber yahoo answer, dengan menggunakan merek ponds age miracle seharga 200ribuan dapat membantu menghilangkan bopeng yang cukup parah dengan pemakaian 3-4 kali.
  2. Untuk yang agak parah, bisa menggunakan metode mikrodermabrasi (penghilangan sel kulit mati dengan bahan kristal) biasanya tersedia di klinik kecantikan (LBC, Natsha, ERHA). Berapa biaya yang diperlukan untuk menghilangkan bopeng di klinik ini? Butuh biaya sekitar 250ribuan/ sesi dengan kunjungan 4 kali sesi & teratur agar bopeng tersamarkan.
  3. Bekas Jerawat Bopeng Sangat Parah. Untuk menghilang kasus bopeng yang sangat parah ini sangat disarankan konsultasi ke dokter atau ke klinik kecantikan. Untuk menghilangkannya biasanya klinik kecantikan (LBC, Natasha, ERHA) memberikan solusi laser dengan harga 650-900 ribuan.

Itulah 4 cara untuk menghilangkan bekas jerawat bopeng dengan 1 bahan alami dan 3 dengan bantuan klinik kecantikan, karena memang untuk mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat bopeng cukup sulit dilakukan dirumah sendiri, oleh karena itu sangat perlu dikonsultasikan ke dokter agar dapat teratasi dengan baik.

Bekas Jerawat Bopeng merupakan bekas jerawat yang cukup sulit untuk dihilangkan, butuh konsultasi ke dokter agar mendapatkan perawatan yang baik dan benar

Bagiamana Cara Mencegah Timbulnya Bekas Jerawat?

Bekas Jerawat Bopeng, Bekas Jerawat Merah, Bekas Jerawat Hitam, Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Olahraga Dapat Mengurangi Jerawat

Untuk menghindari agar tidak muncul bekas jerawat baik yang bekas jerawat merah, menghitam, maupun bopeng bearti kita harus menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah kita. Namun apabila jerawat sudah terlanjur muncul, solusi terbaik adalah jangan sampai menyentuh ataupun memencet jerawat tersebut, karena dengan memencet hanya akan menimbulkan iritasi akibat terkontaminasi bakteri jahat yang menyerang. Selain itu cegahlah jerawat dengan hal hal yang cukup mudah dilakukan sehari-hari, antara lain.

  1. Kurangi makanan berlemak berlebih karena akan memacu terbentuknya jerawat. Kalau perlu perbanyaklah puasa untuk mengistirahatkan kerja organ perut yang akan berdampak pada kesehatan anda.
  2. Hindari Menggosok Wajah. Secara tidak sadar kita akan menggosok wajah dengan handuk setelah mandi, hal ini mengakibatkan kulit wajah tergesek dan mengakibatkan kulit mengelupas yang kemudian menyebabkan iritasi dan infeksi. Kulit yang mengalami iritasi ini memicu adanya bakteri-bakteri yang kemudian mengakibatkan jerawat.
  3. Perbanyak minum air putih. Dengan mengkonsumsi air putih dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh kita sehingga terhindar dari jerawat dan terhindar pula dari bekas jerawat.
  4. Rajin Berolahrga. Buatlah jadwal secara teratur untuk berolahraga setiap minggu. Olahraga membantu melancarkan peredaran oksigen dalam darah yang akan berakibat baik pada pembuluh-pembuluh darah diwajah.

Jangan sekali-kali memencet jerawat, memang jerawat akn kempis dan hilang untuk sementara, namun kedepannya dapat menimbulkan iritasi yang membuat jerawat bertambah, parahnya akan mengakibatkan bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan

Itulah berbagai macam cara mengobati bekas jerawat dan bekas jerawat yang sering muncul dan dialami terutama untuk remaja umur 16-25 tahun yang sedang mengalami pubertas. Kenali jerawat yang muncul dan kenali bekas jerawatnya, karena cara untuk menghilangkan bekas jerawat berbeda-beda tergantung jenisnya. Lakukan secara rutin tips diatas agar masalah bekas jerawat benar-benar teratasi.

One thought on “Menghilangkan Bekas Jerawat: 7 Bahan Alami yang Dianjurkan

  1. Satria Praditama

    Untuk menghilangkan bekas jerawat memang butuh usaha yang tidak instan, apalagi menghilangkan bekas jerawat bopeng. Wuuuih sulitnya, tapi untuk jerawat merah.bisa menggunakan baking soda dengan menuliskannya di wajah lalu diamkan beberapa menit kemudian bilas

    Reply

Add Comment

IBX58384FDCD9385