4 Olahraga yang Aman dan Baik Dilakukaan Saat Haid

Category: Kesehatan 55 1

Olahraga yang Aman Saat Haid

Kebanyakan wanita saat menstruasi atau haid memilih untuk berdiam diri, padahal mereka bisa melakukan hal yg lebih dari itu seperti bisa berolah raga untuk menjaga kebugaran tubuh. Yang menjadi pertanyaan adalah, olahraga saat haid? boleh atau tidak? apakah aman berolahraga saat haid? Mari kita bahas secara mendalam. Sepanjang periode mestruasi tubuh wanita mengalami perubahan hormon yang tidak menentu yang mengakibatkan gejala PMS (Pra Menstruasi) seperti nyeri, mood swing, kesulitan berkonsentrasi. Sebenarnya belum ada penelitian yang membuktikan manfaat olahraga untuk mengurangi sakit saat PMS, namun setelah masa PMS terlewati atau sudah memasukai masa haid, para ahli menganjurkan agar tetap melakukan olahraga. Oleh karena itu olah raga saat haid cukup dibolehkan dan tidak ada larangan, malah bermanfaat untuk menambah kebugaran tubuh, serta dapat mengurangi resiko obesitas/ kegemukan. Kok bisa? karena pada saat mens hormon dalam tubuh kita sedang tidak setabil , banyak kejadian orang mendadak gemuk setelah menstruasi dan salah satu penyebabnya adalah kita tidak mau beraktifitas terlebih tidak mau melakukan olahraga. Nah olahraga apa saja yang baik dilakukan saat menstruasi?

Para ahli menganjurkan untuk tetap melakukan olahraga saat haid, sehingga tidak ada larangan untuk tetap beraktivitas. Karena dengan tetap berolahrga, badan akan terhindar dari obesitas dan justru menjaga kebugaran tubuh.

4 Olahraga yang Aman dan Baik Dilakukan Saat Haid

1. Jogging
Olahraga yang aman saat haid yang pertama adalah jogging. Jogging yang dilakukan adalah jogging ringan atau tidak memaksakan tubuh untuk bergerak terlalu banyak, serta bukan jogging yang cepat maupun berat. Karena salah-salah jika kita terlalu capek yang ada malah mengakibatkan sirkulasi menstruasi kita tidak stabil serta cenderung nyeri hingga kram pada bagian perut. Jogging bisa kita lakukan saat pagi hari seperti yang kebanyakan orang lakukan, namun ingat kita harus pemanasan untuk merilekskan otot-otot agar tidak kaget, terutama otot-otot daerah perut.

Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai olahraga yang sesungguhnya. Karena dengan melakukan pemanasan akan mengurangi resiko terjadinya kram perut terutama saat haid.

2. Senam / Aerobik

Olahraga yang Baik Saat Haid, olahraga yang aman saat haid
Senam Aerobik

Disaat haid kita tetap harus menggerakan tubuh kita agar sirkulasi darah lancar serta membiasakan badan kita bergerak agar tidak ada lemak yang menumpuk, karena biasanya wanita yang sedang PMS jadi lebih banyak porsi makannya. Apabila anda malas untuk memulai senam, bisa mengikuti sanggar senam yang mulai menjamur di sudut-sudut kota. Dengan mengikuti agenda sanggar senam ini, anda mau tidak mau dipaksa untuk menghadiri senam yang anda ikuti dan tetap berolahrga meskipun sedang haid.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Kebersihan Miss V Agar Tetap Sehat

3. Renang

Olahraga yang Baik Saat Haid, olahraga yang aman saat haid
Renang

Apakah boleh berenang saat haid? Apakah tidak berbahaya? Nah, Kebanyakan orang yang sedang mens tidak berani melakukan olah raga yang satu ini. Sebenarnya olah raga yang satu ini berguna bagi para wanita yangg sedang haid, karena dapat menenangkan dan menyegarkan serta merelaxsasi tubuh kita . Takut darah haid kemana-mana? Tidak usah bingung karena selama kita tidak memakai pembalut didalam air maka darah haid tidak akan kemana – mana. Sifat air adalah menekan, jadi darah yang akan keluar akan kalah dengan volume air yang lebih banyak. Hal ini juga sudah terbukti dari beberapa pengalaman teman yang berenang saat haid namun tetap oke dan biasa saja. Sehingga terbukti bahwa olahrga ini aman dilakukaan saat haid.

Baca Juga: 3 Olahraga Untuk Mengencangkan Miss V Agar Tetap Rapat

4. Sit Up dan Back Up
Disaat menstruasi adalah saat yg pas untuk membentuk tubuh kita karena hormon tubuh kita yang sedang tidak stabil . Oleh sebab itu kita menoba untuk mengolah hormon-hormon tersebut dengan tetap melakukan olahraga. Sit up dan Back up sangat berguna untuk melatih otot-otot perut kita agar tetap kencang dan langsing. Maka, sit up dan back up adalah salah satu olahraga yang aman dilakukan saat haid.

Melakuakan olahraga secara normal dan jangan terlalu kecapekan adalah kunci utama untuk tetap bugar dan fit saat haid.

Itulah empat olahraga yang cukup aman dilakukan saat haid/ menstruasi, kunci olahraga saat haid adalah jangan terlalu memaksakan dan jangan melakukan olahraga yang berat. Selain itu minumlah air putih yang cukup saat masa menstruasi, hal ini dikarenakan  jumlah darah saat haid yang beredar dalam tubuh akan berkurang, terlebih ada wanita yang pusing, atau berkunang-kunang saat melakukan gerakan yang mendadak. Malah olahraga saat haid dapat menstabilkan hormon, namun jangan lupa untuk atur pola makan yang benar dan sehatagar badan tetap bugar.

Comments are closed.

IBX58384FDCD9385