5 Faktor Penyebab Ketombe yang Sering Dialami

Category: Kepala, Kesehatan, Rambut 28 1

Faktor Penyebab Ketombe yang Umum Terjadi

Fixayu – Apa sebenarnya ketombe itu? Dan apa penyebabnya? Mari kita bahas lebih detail mengenai ketombe ini. Ketombe juga sering disebut dengan sindap, yaitu suatu permasalahan di kepala yang bisa terjadi baik laki-laki maupun perempuan akibat pengelupasan sel kulit mati yang berlebihan. Kadang masyarakat umum berpikir bahwa ketombe itu bisa menular, namun anggapan itu salah, ketombe bukanlah sebuah penyakit menular. Walapun tidak menular, ternyata ketombe dapat menjadi parah apabila tidak ditangani secara benar, bahkan bisa menyebabkan kulit kepala memerah, iritasi, dan gatal-gatal. Nah, apa saja sebenarnya penyebab ketombe bisa menyerang kulit kepala? Mari kita bahas faktor apa saja yang dapat menyebabkan ketombe.

Penyebab Ketombe

1. Penyebab Ketombe Akibat Kurang Nutrisi
Nutrisi yang paling berpegaruh disini adalah Zat seng (Zinc). Zat seng adalah salah satu mineral yang berfungsi menjaga keaehatan kulit, termasuk kesehatan kulit kepala. Terus dimana kita bisa memperoleh Zat seng untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita? Zat seng banyak ditemui di daging kalkun, kacang-kacangan, dan makanan laut seperti kerang. Selain itu, pernah mendengar merk shampo yang menggunakan Zat seng sebagai bahan campurannya? Bearti shampo berbahan tambahan Zat seng dapat membantu menutrisi kulit kepala.

2. Akibat Kulit Kepala Terlalu Berminyak
Minyak tang terkandung di kukit kepala akan berpengaruh untuk menjaga kelembaban. Namun, apabila minyak berlebihan, justru menjadi penyebabab dari berbagai masalah rambut termasuk ketombe. Penjelasannya, minyak yang terkandung berlebih di kulit kepala akan menyebabkan sel-sel kulit mati di  kepala akan susah untuk terkelupas, akibatnya, sel kulit mati akan terakumulasi dan berkumpul sehingga terlihat mencolok.

Baca Juga: Cara Menghitamkan Rambut dengan Minyak Kemiri

3. Kurang Menjaga Kebersihan Kepala
Karena kurang menjaga kebersihan, akibatnya kulit kepala menjadi berminyak. Hampir seperti penjelasan sebelumnya, minyak berlebih ini akan membuat sel kulit mati terakumulasi di satu titik. Nah untuk mengatasi hal ini, setelah seharian berkeringat, gunakanlah shampo pembersih untuk menjaga kebersihan kulit kepala. Tetapi apakah benar kebanyakan shampo mengakibatkan kulit kepala kering dan ketombe semakin terlihat? Sangat benar sekali, oleh karena itu gunakanlah shampo anti ketombe yang mempunyai kandungan nutrisi yang untuk kulit kepala atau dapat menggunakan bahan alami seperti garam,cuka. Parahnya lagi akibat kurang menjaga kebersihan dapat menimbulkan penyakit kulit kepala seperti psoriasis dan dermatitis seboroik, dimana  dua penyakit kulit kepala ini  bisa menimbulkan ketombe pada rambut. Psoriasis adalah kondisi kulit bersisik yang dipicu oleh alergi, sedangkan dermatitis seboroik adalah infeksi kulit kepala oleh jamur. Kedua penyakit kulit ini akan menyebabkan pengelupasan yang ekstrim pada kulit kepala yang dapat menimbulkan ketombe.

4. Akibat Pengaruh Makanan
Untuk anda yang sudah terlanjur terkena ketombe atau bagi yang ingin mencegah ketombe, sebaiknya kurangilah makanan-makanan seperti gorengan, makanan pedas, serta makanan dengan kadar gula tinggi seperti makanan dengan bahan pengawet dikarenakan jenis-jenis makanan tersebut dapat menimbulkan minyak berlebih yang kemudian akan memicu timbulnya ketombe.

Baca Juga: Berbagai Macam Penyakit Kulit Kepala

5. Salah Memilih Produk Perawatan Rambut
Dikarenakan tingkat sensitiv setiap orang berbeda-beda, maka seharusnya anda lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan rambut. Jangan asal menggunakan produk-produk kecantikan rambut seperti pewarna rambut, hair lotion dan lain-lain. Pemilihan produk perawatan rambut yang salah bisa menyebabkan semakin parahnya ketombe selain itu bahkan bisa menyebabkan iritasi para kulit kepala dan bukan tidak mungkin akan memicu ketombe lebih parah.

Dengan mengatahui berbagai  penyebab ketombe diatas, maka untuk anda yang mempunyai masalah ketombe bisa memperhatikan apa sebenarnya yang menjadi penyebab ketombe yang diderita. Setelah mengetahui penyebabnya, maka langkah selanjutnya adalah cara mengatasi ketombe. Untuk mengatasinya ketombe bisa menggunakan bahan alami, seperti cuka, jeruk nipis, dan garam. Untuk pembahasannya akan dibahas mendatail.

Baca Juga: Mengatasi Ketombe Paling Efektif Dengan 5 Bahan Alami

Add Comment

IBX58384FDCD9385