Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan

Category: Hamil, Kesehatan 44 0

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan

Kehamilan adalah anugerah Tuhan bagi pasangan suami istri yang patut disyukuri dan dijaga agar tetap sehat, selamat hingga terlahir bayi yang sehat, cerdas dan kuat. Agar terwujud harapan tersebut, maka yang perlu diperhatikan tidak hanya kondisi janin dalam kandungan, kondisi ibu juga harus mendapat perhatian lebih. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan kehamilan agar tetap sehat selama masa kehamilan dan bayi yang terlahir juga sehat.

  1. Memilih dokter kandungan yang sesuai dengan prinsip pribadi dan pasangan

    Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan

Tips menjaga kesehatan kehamilan yang pertama adalah memlih dokter kandungan. Dokter kandungan yang Anda temui, akan menjadi sumber rujukan dan tempat bertanya mengenai kondisi perkembangan kehamilan Anda. Untuk itu, rasa percaya dan nyaman sangat diperlukan untuk menciptakan keterbukaan. Pertimbangkan matang-matang dalam memilih dokter SpOG. Bagi Anda yang merasa kurang nyaman atau risih jika harus membuka baju di hadapan lawan jenis, bisa memilih dokter  SpOG perempuan.

Buat rencana kunjungan kontrol rutin setiap bulan atau minimal setiap dua bulan sekali. Ketika memasuki usia kehamilan minggu-minggu terakhir menjelang kelahiran, usahakan lebih sering melakukan USG untuk mengenali dan mencegah gawat hamil.

  1. Rencanakan Diet Sehat Selama Kehamilan

Diet di sini adalah mengatur kombinasi dan porsi jenis makanan sehingga asupan nutrisi menjadi seimbang. Asupan ibu hamil sebaiknya mengandung :

  • Karbohidratkompleks, yang dipercaya dapat memenuhi 60% dari total kebutuhan kalori tubuh sehari-hari. Selain itu, kandungan serat dalam karbohidrat komplek dapat membantu meredakan mual, mencegah sembelit dan menjaga level gula darah ibu hamil agar tetap normal. Sumber karbohidrat kompleks antara lain sayur-sayuran dan buah-buahan segar, serta gandum atau makanan berbahan baku gandum.
  • Protein diperlukan untuk menjaga energi Anda, dan sumber kebutuhan asam amino bayi untuk pertumbuhan. Protein di sini, terutama protein hewani yang berasal dari ikan, daging, telur, susu, kacang-kacangan beserta produk turunannya. Apabila Anda seorang vegetarian, maka Anda perlu untuk menyeimbangkan asupan makanan, untuk memastikan Anda mendapat asupan asam amino yang cukup sesuai anjura
  • Vitamin dan mineral terutama kalsium yang menjadi bahan utama pembentukan tulang dan gigi bayi, serta zat besi untuk membantu menciptakan sel darah dan mencegah anemia. dapat diperoleh dari susu, yogurt, keju, daging, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Apabila masih kurang terpenuhi dari makanan, dapat ditambahkan suplemen vitamin dan mineral.
  • Cairan yang cukup agar jumlah ketuban tidak sedikit, dan Anda tidak mengalami dehidrasi serta infeksi saluran kemih (ISK).
  1. Kelola Mood dan Lingkungan Sekitar

Tips menjaga kesehatan kehamilan yang ketiga adalah menjaga mood. Ibu hamil sangat mudah terusik perasaannya, moodnya mudah naik dan mudah turun. Perubahan emosional akan mempengaruhi hormon tubuh yang pada akhirnya akan mempengaruhi perkembangan kesehatan janinnya. Perbanyak informasi tentang kehamilan agar tidak mudah cemas. Usahakan untuk rileks, lakukan hal yang disukai dan menggembirakan. Dukungan dan dampingan dari keluarga terutama suami sangat diperlukan agar ibu hamil dapat mengelola dan mengendalikan moodnya.

  1. Kenali Gangguan Kehamilan
    Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan

Gangguan kehamilan yang biasa terjadi oleh wanita hamil antara lain: keluar darah dari miss v, ketuban merembes atau menyembur pada kehamilan sebelum minggu ke-37, kontraksi terus menerus sebelum waktunya, janin tidak bergerak selama lebih dari 24 jam, sakit kepala parah lebihdari dua jam, gangguan penglihatan, pingsan, berat badan naik berlebihan dan cepat, nyeri di atas perut, bengkak pada wajah dan tangan, muntah terus menerus, demam. Apabila ada tanda-tanda tersebut, segeralah berkonsultasi ke dokter agar kesehatan kehamilan selalu terjaga.

  1. Bagi Anda yang Berstatus Sebagai Wanita Bekerja

Pastikan kondisi kehamilan Anda tidak beresiko tinggi sehingga memungkinkan untuk tetap bekerja. Apabila kehamilan Anda memang beresiko tinggi, ada baiknya untuk mempertimbangkan mengajukan cuti bekerja.

Langkah-langkah sederhana agar kehamilan Anda tetap sehat meskipun bekerja :

  • Istirahatkan kaki Anda beberapa kali sepanjang jam kerja, angkat agar darah kembali lancar sehingga mengurangi resiko bengkak pada kaki.
  • Minimalisir tekanan di tempat kerja.
  • Tidur malam yang cukup agar memiliki energi di siang hari.
  1. Tetap lakukan Olahraga Ringan

    Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan

Tips menjaga kesehatan kehamilan yang keenam adalah tetap lakukan olahraga ringan. Olah raga ringan membantu menjaga kelancaran peredaran darah dan meningkatkan kelenturan otot tubuh ibu hamil sehingga rileks dan bugar. Tentunya tetap dengan memperhatikan kondisi tubuh Anda. Pilih olah raga yang tidak membebani tubuh terutama area perut, pinggang dan panggul. Dapat dicoba olah raga jalan santai, yoga, atau senam kegel. Selain rileks dan nyaman juga bisa membantu menguatkan dan melenturkan otot di sekitar area panggul sehingga proses kelahiran menjadi lancar. Sebelum memutuskan memilih salah satu jenis olahraga, Anda perlu berkonsultasi ke dokter agar tidak justru membahayakan kehamilan Anda.

Tips ini bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan kehamilan, selalu konsultasikan dengan dokter apa yang anda raskan selama masa kehamilan agar tidak salah dalam mengambil tindakan yang justru bisa membahasakan kesehatan.

Add Comment

IBX58384FDCD9385